Rumah Kontainer Modifikasi

Rumah Kontainer Modifikasi

Pembuatan Rumah Kontainer Modifikasi dengan Dry Kontainer 

Rumah Vertikal

Pembuatan rumah kontainer dapat dijadikan alternatif hunian atau mesh karyawan. Bertambahnya populasi manusia menjadikan lahan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup juga bertambah. Perkembangan hunian di daerah perkotaan besar seperti Jakarta dan Surabaya, mulai mengarah pada perumahan vertikal. Kurangnya lahan dan mahalnya harga lahan menjadikan harga pembangunan hunian horizontal menjadi mahal. Model rumah vertical yang dibangun memiliki desain yang bermacam-macam, mulai dari rumah susun, apartemen, hingga rumah kontainer.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan rumah vertikal

rumah kontainer modifikasi

Dalam pembuatan rumah vertical harus diperhatikan hal-hal di bawah ini.

  1. Ruang harus dapat diterangi secara alami
  2. Struktur bangunan, komponen serta bahan bangunan demi keselamatan railing tangga terdiri dari unsur vertical berjarak 10 cm.
  3. kelengkapan ruangan bangunan vertical
  4. satu hunian vertical ditentukan ukuran minimum untuk setiap ruang

Rumah kontainer modifikasi

Salah satu model rumah vertical yang mulai diminati adalah rumah kontainer. Kontainer memiliki modul yang sama dan presisi, sehingga lebih mudah dirangkai. Keberadaannya juga cukup melimpah karena banyak dijual baik dalam keadaaan baru maupun bekas. Pembuatan rumah kontainer dengan kontainer bekas selain harganya lebih murah juga membantu kampanye 3R yaitu reduce, reuse, dan rycycle.

Baca Juga : Desain Rumah Kontainer Minimalis Serta Modern

Macam-macam kontainer berdasarkan ukuran

Berdasarkan ukurannya, kontainer dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya adalah ukuran 20 feet, 40 feet, dan 45 feet. Kontainer 20 feet memiliki dimensi Panjang 6 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,6 meter, dengan kapasitas muatan mencapai 22,1 ton kontainer. Kontainer ukuran ini bisa dimodifikasi menjadi Gedung, café dan toko. Kontainer 40 feet memiliki dimensi Panjang 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 2,4 meter, dengan kapasitas muatan mencapai 27,4 ton kontainer. Kontainer 40 feet bisa dimodifikasi menjadi rumah, atau mesh karyawan. Kontainer 45 feet memiliki dimensi Panjang 12 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,6 meter, dengan kapasitas muatan mencapai 29,6 ton.

Macam-macam kontainer berdasarkan jenis cargo

Berdasarkan jenis cargo muatan kontainer dibagi menjadi 3 jenis, yaitu dry kontainer, reefer kontainer, dan special kontainer. Dry kontainer adalah kontainer yang belum dimodifikasi dari bentuk aslinya. Reefer kontainer adalah kontainer yang dilengkapi dengan sistem pendingin untuk mengawetkan atau menjaga temperature barang yang dibawa.special kontainer adalah kontainer yang dibuat khusus untuk mengirim muatan tertentu, seperti ternak atau mobil. Kontainer yang digunakan untuk pembuatan rumah kontainer adalah dry kontainer.

Pembuatan rumah kontainer modifikasi

Pembuatan rumah kontainer bisa menggunakan dry kontainer ukuran 20 feet atau 40 feet sesuai kebutuhan. Pemilihan dry kontainer ini karena memiliki bentuk yang presisi sehingga bisa ditumpuk dan dibentuk lebih mudah. Selain itu dari segi harga, dry kontainer lebih murah dari reefer kontainer dan kontainer khusus. Untuk membuat rumah yang lebih besar, konsumen bisa memilih kontainer ukuran 40 feet. Untuk memesannya bisa menghubungi pusat pembuatan kontainer modifikasi